Laporan Pertanggungjawaban Tahunan BPPU 2017

Kegiatan penyampaian Laporan Pertanggungjawaban Badan Pengelolaan dan Pengembangan Usaha (BPPU) Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2017 diadakan pada hari Senin, 26 Februari 2018. Kegiatan ini sebagai bentuk akuntabilitas BPPU kepada Universitas Negeri Yogyakarta selama tahun 2017 dan capaian kinerja unit-unit usaha yang berada dibawah pengelolaan BPPU.

Kegiatan ini dihadiri unsur pimpinan Universitas Negeri Yogyakarta; Rektor, Wakil Rektor I, II, III, dan IV; Ketua SPI, Sekretaris Dewan Pertimbangan, Dekan-Dekan Fakultas, Direktur Program Pasca Sarjana, Ketua Lembaga dan Kepala Biro. Kegiatan tersebut diikuti pula oleh Manajer-manajer serta perwakilan unit usaha.

Rangkaian kegiatan diawali dengan sambutan sekaligus pengarahan dari Rektor UNY, Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.Pd. Dalam pengarahannya Rektor mengharapkan adanya peningkatan kinerja pada tahun 2018 dari unit-unit usaha baik unit bisnis maupun unit tupoksi. Peningkatan kinerja tersebut bisa melalui berbagai upaya seperti; variasi produk/jasa, peningkatan kualitas kebersihan dan layanan, perbaikan sarana prasarana, dan media promosi yang lebih intensif melalui pemanfaatan media sosial.

Kegiatan dilanjutkan dengan paparan presentasi oleh Ketua BPPU Dr. Endang Mulyani, M.Si. mengenai perkembangan unit-unit usaha UNY serta pengembangan kedepannya. Di sesi ini disertai pula tanya jawab antara pimpinan UNY, BPPU, serta unit-unit usaha.

Rektor menekankan kembali untuk unit-unit usaha yang masih potensial untuk dikembangkan seperti Plaza UNY, Hotel UNY, Food Court, dan kegiatan akademik fakultas seperti pemanfaatan laboratorium dan produk hasil karya dosen dan mahasiswa yang berpotensi untuk dipasarkan. Adapun penataan kembali akses Plaza UNY yang diharapkan bisa menjadi wajah UNY ke depan serta optimalisasi aset-aset unversitas diharapkan mampu meningkatkan income generating UNY sesuai visi BPPU.

Berbagai masukan menjadi materi diskusi dan tanya jawab pada sesi terakhir dan dijadikan sebagai feedback untuk kinerja tahun 2018 yang diharapkan dapat lebih meningkat dari tahun-tahun sebelumnya. (Penny, Rini. Edit: Adit)