Workshop Pengelolaan Food Court di UNY

Food Court di lingkungan Kampus merupakan area makan yang dapat mendukung proses pendidikan di Universitas. Area-area makan tersebut dapat digunakan sebagai sarana istirahat dan berdiskusi baik oleh civitas akademika UNY maupun masyarakat umum. Oleh karena itu, area-area makan di UNY harus menjaga baik kualitas makanan maupun kebersihan lingkungannya.

Dalam rangka menindak lanjuti temuan dari BBTKLPP (Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit) Yogyakarta mengenai uji petik kualitas makanan di lingkungan UNY pada tanggal 21 Januari 2016 yang lalu, BPPU UNY sebagai salah satu pengelola unit usaha Food Court di UNY melakukan tindak lanjut atas kegiatan tersebut.

Bentuk tindak lanjut kegiatan tersebut adalah Workshop dengan tema “Workshop Pengelolaan Food Court di UNY”. Workshop ini dilaksanakan pada tanggal 3 September 2016 di Ruang Ramah Tamah Lantai 2 Gedung Fakultas Ekonomi UNY. Workshop tersebut berlangsung dalam 3 sesi dari tiga orang pemateri dan dibuka oleh sambutan dari Ketua BPPU Dr. Endang Mulyani, M.Si.

Pemateri sesi pertama yaitu Penny Rahmawaty, M.Si. Beliau yang juga selaku Anggota Bidang Marketing dari BPPU memberikan materi mengenai strategi pemasaran atau marketing produk. Produk dalam hal ini yaitu makanan dari para penjual makanan yang ada di lingkungan UNY.

Sesi kedua diisi oleh pemateri dari BBTKLPP yaitu Tri Setyo Winaryanto, ST., M.Sc. Materi yang disampaikan yaitu mengenai Pengelolaan Kebersihan dan Kesehatan Makanan di lingkungan UNY. Pada sesi ini diterangkan bahwa berbagai macam hal yang dapat menimbulkan menurunnya kualitas kesehatan pada makanan disebabkan bakteri baik dari pembelian bahan makanan maupun cara pengolahannya, maka disini dijelaskan cara mengelola kebersihan dan kesehatan makanan dengan baik dan benar.

Pemateri terakhir disampaikan oleh Dra. Rizqie Auliana, M.Kes dari jurusan Tata Boga Fakultas Teknik UNY. Beliau menyampaikan materi mengenai Pengemasan Produk atau Tata Cara Display Produk yang baik dan benar. Teknik pengemasan dan penataan produk yang baik merupakan salah satu hal yang akan menimbulkan daya tarik bagi calon konsumen.

                Pada pukul 14.00 WIB Workshop diakhiri dan ditutup dengan sambutan penutup oleh Sekretaris BPPU Supriyanto, M.M. Beliau menyampaikan harapan kedepannya kepada seluruh pengelola Food Court atau kantin-kantin di lingkungan UNY agar semakin menjaga kesehatan dan kualitas makanan serta kebersihan lingkungan atau area tempat makan. (Adit)