You are here

Sejarah Singkat

BADAN PENGELOLAAN DAN PENGEMBANGAN USAHA

UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

 

Berdasarkan Permendiknas Nomor 23 Tahun 2011 tentang Organisasi Tata Kerja Universitas Negeri Yogayakarta, salah satu susunan organisasi Universitas (Bab II, Pasal 3) adalah Badan Pengelolaan dan Pengembangan Usaha (BPPU), yang bertugas melaksanakan pengelolaan dan pengembangan unit usaha dan mengoptimalkan pengelolaan sumber-sumber pendanaan UNY. Dalam rangka pengembangan tersebut, UNY membuka berbagai unit usaha seperti Kolam Renang, Gedung Olah Raga, Hotel, Food Court, UNYQUA, dan sebagainya. Seiring dengan semakin bertambahnya unit usaha yang dimiliki UNY maka segera melaksanakan OTK dengan mendirikan suatu badan yang mengelola unit-unit usaha tersebut, maka didirikanlah BAdan Pengelola dan Pengembangan Usaha (BPPU). Dengan diterapkannya Badan Layanan Umum (BLU) pada tahun 2009 semakin terbuka kesempatan UNY untuk mengembangkan usaha karena dengan sistem BLU dapat mengelola sendiri pendapatan, utang dan piutang, investasi, memiliki rekening kas sendiri, dan menetapkan prosedur pengadaan barang dan jasa yang dananya berasal dari pendapatan jasa pelayanan.

BPPU di bentuk pada tanggal 6 Februari 2012 sesuai dengan SK Rektor nomor: 4 tahun 2012 tentang Tata Laksana Badan Pengelolaan dan Pengembangan Usaha. Hingga saat ini BPPU memiliki unit-unit usaha yang terdiri atas; (1) UNY Hotel, (2) Kolam Renang, (3) Gedung Olah Raga, (4) Fitness Center, (5) Simpan Pinjam, (6) Perbengkelan dan Cuci Mobil, (7) Penerbitan, Percetakan, dan Bookstore, (8) Asrama Mahasiswa, (9) Industri Air Mineral "UNYQUA", (10) Perdagangan dan Merchandise, (11) Auditorium, (12) Layanan Internet Mahasiswa, (13) Food Court dan Taman Kuliner, dan (14) Tiketing dan Travel. Dalam pengembangan berikutknya akan segera dibuka Laboratorium Kewirausahaan atau UNY Plaza yang akan digunakan sebagai wadah penyaluran kegiatan wirausaha baik oleh mahasiswa UNY ataupun umum.

Seiring dengan diterapkannya Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PK-BLU), akan semakin terbuka kesempatan UNY untuk mengembangkan usaha karena dengan sistem PK-BLU dapat mengelola sendiri pendapatan beserta pengeluarannya dengan berbagai fleksibilitas yang ada, termasuk didalamnya dikembangkan berbagai unit usaha sebagai upaya untuk memperoleh income generating universitas.

BPPU diketuai oleh Dr. Endang Mulyani, M.Si., sekretaris Drs. Supriyanto, M.M. dan di bantu oleh 3 orang anggota yaitu Komarudin M.A. untuk bagian Tupoksi, Dhyah Setyorini, M.Si.,Ak.. untuk bagian Accounting, dan Penny Rahmawaty, M.Si. untuk bagian Marketing. Untuk operasional sehari-hari didukung oleh staff Administrasi Ida Kurniyati, A.Md., staff Advertising dan Promosi Yunanto Aditomo, S.Sos., dan staff Accounting Daniel Kusuma Wijaya, A.Md.

 

Kontak Kami

Gedung Pusat Rektorat UNY
Lantai 1 Sayap Timur
Jl. Colombo No.1 Karangmalang, Yogyakarta
No. Telp 0274-554687
Website: http://bppu.uny.ac.id