Profil BPPU

Sejarah Singkat BPPU UNY

Berdasarkan Permendiknas Nomor 23 Tahun 2011 tentang Organisasi Tata Kerja Universitas Negeri Yogyakarta, salah satu susunan organisasi Universitas (Bab II, Pasal 3) adalah Badan Pengelolaan dan Pengembangan Usaha (BPPU), yang bertugas melaksanakan pengelolaan dan pengembangan unit usaha dan mengoptimalkan pengelolaan sumber-sumber pendanaan UNY. Dalam rangka pengembangan itu,  UNY  membuka berbagai unit usaha seperti Kolam renang, Gedung Olah raga, UNY Qua, Hotel, Foodcourt dan sebagainya. Seiring dengan semakin bertambah banyaknya unit usaha, maka segera melaksanakan OTK dengan mendirikan suatu badan yang mengelola unit-unit usaha tersebut. Dengan diterapkannya Badan Layanan Umum  (BLU) pada tahun 2009 semakin terbuka kesempatan UNY untuk mengembakan usaha karena dengan sistem BLU dapat mengelola sendiri pendapatan, utang dan piutang, investasi, memiliki rekening kas sendiri, dan  menetapkan prosedur pengadaan barang dan jasa yang dananya berasal dari pendapatan jasa pelayanan.

BPPU di bentuk pada tanggal 6 Februari 2012 sesuai dengan SK Rektor nomor: 4 tahun 2012 tentang Tata Laksana Badan Pengelolaan dan Pengembangan Usaha. Hingga saat ini BPPU memiliki unit usaha yang terdiri atas; (1) Hotel,  (2) Kolam Renang, (3) Gedung Olah raga, (4) Fitness Center, (5) Simpan Pinjam, (6) Perbengkelan dan Cuci Mobil, (7) Penerbitan, Percetakan dan Bookstore, (8) Asrama Mahasiswa, (9) Industri Air Mineral "UNYQUA", (10) Perdagangan dan Merchandise, dan (11) Jasa persewaan Auditorium, Gedung dan Aset lain, (12) Layanan Internet Mahasiswa, (13) Food Court dan Taman Kuliner, serta yang terakhir (14) Tour dan Travel.

BPPU di ketuai oleh Dr. Endang Mulyani, M.Si., Sekretaris Drs. Supriyanto, M.M. dan di bantu oleh 3 orang anggota yaitu Anggota Bidang Tupoksi Komarudin M.A., Anggota Bidang Marketing Penny Rahmawati, M.Si. dan Anggota Bidang Akunting Dhyah Setyorini, M.Si.,Ak. Untuk operasional sehari-hari didukung oleh staff Sekretariat dan Administrasi Ida Kurniyati, A.Md, Staff Advertising dan Marketing Yunanto Aditomo, S.Sos dan Staff Akunting Daniel Kusuma Wijaya, A.Md

 

VISI

Menjadi Badan Usaha yang profesional  dan akuntabel  untuk mendukung  income generating  UNY yang berlandaskan ketaqwaan, kemandirian, dan kecendekiaan.

Misi

  • Mengelola dan Mengembangkan Usaha-Usaha yang dimiliki UNY.
  • Membangun jejaring dan kemitraan dalam pengembangan usaha.
  • Menyelenggarakan pelatihan bagi manajer unit usaha terkait dengan pengelolaan unit usaha yang profesional.
  • Membangun citra Corporate University, mengembangkan profesionalisme usaha berdasarkan prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG).

Tujuan

  • Menjadi Income Generating bagi UNY.
  • Membangun citra Corporate University, mengembangkan profesionalisme usaha berdasarkan prinsip-prinsip GCG (Good Corporate Governance).
  • Memberikan penghargaan kepada para pegawai melalui pemberian kesejahteraan yang memadai, penyediaan lingkungan kerja yang aman, sehat dan nyaman, memberikan kesempatan untuk pengembangan karier serta melakukan inovasi.

Sasaran

Mampu menyumbangkan pendapatan bagi UNY untuk biaya operasional kegiatan.

 

 

 

Ketua,

 

 

Dr. Endang Mulyani, M.Si.